Ketahui Tingkatan Kualitas Madu

Sebagian besar dari Anda tentu saja sudah banyak yang mengetahui tentang adanya beragam jenis madu yang ada di pasaran, dari masing-masing jenis madu yang ada juga memiliki khasiat yang juga beragam. Bahkan beberapa yang lain memanfaatkan resep menggunakan madu sebagai obat-obatan tradisional untuk menyehatkan tubuh dan juga untuk penyubur kandungan atau bahkan sebagai obat untuk vitalitas. Dan madu sudah sejak lama dikenal sebagai bahan alami dari alam yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Adanya ragam dan jenis madu ini memang sangat ditentukan oleh sumber madu itu sendiri, yaitu nektar bunga yang dihisap oleh lebah penghasil madunya, habitat tempat hidup lebah juga sangat mempengaruhi madu yang dihasilkan. Karena lebah tidak hanya menghisap satu atau dua jenis nektar bunga saja, bahkan ada yang mengonsumsi nektar bunga dari ratusan atau bahkan ribuan jenis bunga. Dan hal inilah yang bisa membuat madu menjadi sangat beragam jenisnya.

madu pahit
Diproduksi lebah penghisap nektar bunga pahit seperti pelawan, mahoni, kopi, dll
Madu Hitam Pahit mengandung alkaloid yang tinggi sebagai anti infeksi dan antibiotik
Sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dan sudah terbukti mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Karena hal yang sudah disebutkan diatas juga, menjadikan madu memiliki tingkat rasa, warna, tekstur madu, dan manfaat yang beraneka ragam antara satu jenis madu dengan jenis lainnya. Beberapa ilmuwan bahkan menyimpulkan bahwa adanya perbedaan warna pada madu adalah dikarenakan sumber bunga yang dikonsumsi oleh lebah penghasil madunya.

Dibeberapa negara lain, madu tidak jarang dicampur-campur atau dioplos dengan beragam jenis madu lainnya, hal ini bertujuan agar kandungan air yang ada di dalam madu tersebut bisa berubah. Dan tidak sedikit perusahaan besar, baik dalam bidang makanan ataupun perusahaan obat-obatan menggunakan beragam jenis madu ini sebagai bahan campuran untuk setiap produk yang mereka produksi.

Lalu, apa sajakah jenis madu yang dikonsumsi oleh masyarakat kita selama ini, mari kita simak beberapa jenisnya:

Jenis dan Tingkatan Kualitas Madu

Ketahui Tingkatan Kualitas Madu
  • Madu Campuran

Beberapa negara seperti di Negara Cina, Amerika Serikat, Turki, Argentina, Meksiko, India dan Ukraina merupakan beberpa negara penghasil madu campuran. Madu campuran sendiri merupakan percampuran antara satu jenis madu dengan beberapa jenis madu lain yang berbeda. Perbedaan disini adalah dilihat dari segi warna, rasa, tekstur madu dan juga habitat tempat lebah penghasil madu itu hidup.

  • Madu Monoflora

Dari sekian banyak jenis madu yang ada, madu monoflora adalah jenis madu yang rasanya bergantung pada bunga yang dikonsumsi oleh lebah penghasil madunya, karena madu ini dihasilkan dari lebah yang menghisap nektar bunga yang hanya satu jenis saja. Madu jenis ini termasuk langka, karena kebanyakan lebah tentu tidak hanya menghisap satu jenis bunga melainkan dari 2 atau bahkan lebih jenis bunga yang ada di sekitar sarang mereka.

  • Madu Poliflora atau Multiflora

Madu jenis ini adalah kebalikan dari jenis madu sebelumnya (Madu Monoflora) karena lebah menghisap nektar bunga dari beragam bunga yang berbeda dan tidak dalam satu jenis bunga saja. Pada umumnya madu jenis ini akan memiliki rasa yang begitu beragam, dan karena dari nektar bunga yang berbeda-beda maka dari itu manfaat dari jenis madu ini juga sangat beragam.

  • Honey Dew atau Madu Embun

Merupakan salah satu jenis madu yang lain yang dihasilkan oleh lebah dari cairan yang lebih mirip madu dan memiliki wujud sekresi serangga tertentu, ini seringkali ditemukan pada tumbuhan atau kelopak-kelopak bunga atau bahkan dari getah tanaman yang sudah dikonsumsi oleh serangga lain. Beberapa contoh pada getah yaitu dari pohon pinus, hal ini juga membuat khasiat dari jenis madu ini juga bertambah.

  • Madu Hutan Liar

Madu jenis ini merupakan jenis madu yang begitu eksklusiv, bahkan memiliki harga jual yang tergolong tinggi dibanding dengan harga madu jenis lain. Karena madu jenis ini adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang berhabitat dihutan liar, tidak dengan sengaja diternak, dan karena tempat hidup berada dihutan, nektar yang dihisap pun menyesuaikan dengan jenis tanaman kebanyakan dari hutan tempat ia hidup. Lebih sulit ditemukan sehingga membuat madu jenis ini menjadi spesial.

  • Madu Ternak

Jenis madu ini yang saat ini sudah banyak kita temukan di sekitar kita, lebah yang sengaja diternak untuk menghasilkan jenis madu tertentu, lebah yang diternak ini biasanya akan disediakan area atau lahan hidup oleh peternaknya, dari jenis tanaman tertentu yang juga dengan sengaja ditanam agar menjadi sumber makanan madu peliharaannya, khasiat, warna dan rasa juga bergantung dari jenis tanaman yang telah disediakan pada sekitar sarang ternak lebahnya.

Terbukti berkhasiat membantu menangani diabetes, stroke, kolesterol, asam urat, darah tinggi,
darah rendah, gagal ginjal, sakit jantung, dan lain-lain.
Kinerja Madu Hitam Aladin Gold di dalam tubuh memperbaiki metabolisme tubuh secara keseluruhan secara bertahap sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.